22 December 2013

Menyaksikan Persiapan Lawak Bondres

Persiapan para kru dan pemain dibawah bayangan mendung
Meski dibayangi hujan, semangat para kru Bali TV  pantang kendur melakukan berbagai persiapan pentas seni Lawak Bondres. Acara ini merupakan kegiatan rutin setiap menjelang pergantian tahun yang diselenggarakan oleh stasiun Bali TV, di panggung terbuka Ardha Candra, Denpasar. Sabtu petang, saya berkesempatan ikut menyaksikan berbagai kesibukan yang dilakukan, baik kru dan para seniman yang nantinya akan tampil dihadapan kamera.
Acara ini akan segera tayang di Bali TV saat malam pergantian tahun baru nanti. Lawak Bondres ini akan mengocok perut penonton dengan banyolan khas Buleleng. Pemerannya, Ayu, Bojes, Ngurah Joni, dan Sloli. Semua merupakan pemeran pria yang tergabung dalam kelompok seni lawak Rare Kual.

Nyoman Sada, laki - laki muda mengenakan topi. Ia nampak sibuk menyiapkan pentas disela - sela acara gladi. Ditangannya ada beberapa lembaran kertas yang berisi kosa kata bahasa bali, ini merupakan bagian dari adegan yang akan dilakukan oleh para pemain. Dia bertugas pengingat dialog, mengingatkan para pemain melalui isyarat tulisan dari depan panggung. Sebuah folder berisi setumpuk kertas ada perintah dalam kosa kata bahasa Bali seperti; Ngutah di Kresek, Lagu Sing Maan Susuk, Ucapan Selamat tahun Baru, dan banyak lagi sampai nantinya pentas berakhir.

Menurut rencana, pentas ini akan berlangsung selama tiga jam. Segala kegiatan akan direkam langsung oleh kru stasiun televisi Bali TV.

Pak Yan Nusa ( Susila ), teman dan juga sebagai kru Bali TV melakukan persiapan

Panggung nampak sepi disaksikan diantara lorong panggung


No comments:

Post a Comment