04 August 2014

54 Rekomendasi Tempat Makan di Bali


Foto Ilustrasi: ekajuniartawan.net
Untuk menciptakan sebuah panduan yang cukup kredibel, kami mewawancarai lima koki dengan rekam jejak yang panjang serta reputasi cemerlang, yang diakui bahkan oleh para pesaingnya. Panduan ini menampilkan 54 rekomendasi tempat makan. Bentuknya beragam, mulai dari warung pinggir jalan yang dikelola keluarga secara turun-temurun, hingga restoran premium yang menerapkan aturan berpakaian. Guna memudahkan pembaca, kami menyusun tempat-tempat tersebut dalam urutan siklus santap harian. Pembaca bisa menemukan 13 tempat sarapan, enam tempat brunch, 15 tempat makan siang, 12 tempat makan malam, dan delapan tempat late supper.

—NARASUMBER
Kelima koki di Bali yang kami wawancarai dengan jujur memberikan rekomendasi restoran-restoran favorit mereka, meski harus menyebutkan nama pesaing.

1. Degan Septoadji Suprijadi
Pria kelahiran 11 September 1967 ini memulai ekspedisinya di dunia kuliner sebagai staf magang di Hotel zur Pfalz, Jerman. Bakat kemudian melesatkannya ke banyak jabatan bergengsi, di antaranya Executive Sous Chef Grand Hyatt Bali, Executive Chef Meliá Bali, dan Senior Executive Sous Chef Atlantis Royal Towers di Bahamas. Degan juga pernah mendesain seluruh menu yang disajikan Banyan Tree di penjuru bumi saat menjabat Group Manager of Culinary Development Banyan Tree. Pada 2010, dia mendirikan Café Degan, restoran yang menyuguhkan masakan Indonesia dan Thailand.
Di sela kesibukannya, nominator Best Asian Chef 2012 ini memandu para kontestan MasterChef Indonesia, ajang yang dirancang untuk melahirkan koki-koki berbakat dan mempromosikan menu Nusantara. “Promosi kita kurang. Rempah-rempah Indonesia terkenal. Pala dan kayu manis dulu lebih berharga dibandingkan emas. Tapi, sedihnya, kuliner Indonesia sekarang kurang dikenal,” jelasnya.

2. Henry Alexie Bloem
Henry pernah memasak bagi sejumlah figur dunia, mulai dari George Bush hingga Xanana Gusmão. Dia merintis karirnya pada 1989 di Bali Mandira Resort. Lebih dari 15 tahun mengabdi di dapur, pria asal Denpasar ini pernah bekerja di 13 properti, termasuk Bali Dynasty Resort dan Melia Panorama Batam, serta mengantongi sejumlah penghargaan, salah satunya Indonesian Chef of the Year 2003.
Kini, Henry Bloem bekerja sebagai Director Food and Beverage dan Executive Chef di Patra Jasa Bali Resort & Spa. Di luar karir profesionalnya, bapak tiga anak ini menjabat President Indonesian Chef Association. Sosoknya juga mulai bersinar sebagai selebriti. Setelah diundang sebagai juri tamu dalam ajang MasterChef Indonesia, Henry Bloem kini menjadi salah satu juri Top Chef Indonesia.

3. Nicolas Tourneville
Pria asal Prancis ini mengaku sangat menyukai rasa pedas, preferensi yang sepertinya lahir dari kebiasaan. Saat bermigrasi ke Indonesia 20 tahun silam, lidahnya sulit beradaptasi dengan rasa pedas.
Setelah lama bermukim di Bali dan beristrikan wanita Indonesia, dia kini justru tak bisa hidup tanpa sambal. Pria yang akrab disapa Doudou ini memulai petualangan profesionalnya di Bali dengan mendirikan Kafe Warisan. Sukses dengan eksperimen pertama, dia membuka Métis, restoran yang menjanjikan pengalaman sensory dining.

Menurutnya, bisnis restoran di Bali sangat kompetitif. Tapi, di tengah iklim tersebut, solidaritas justru terjalin intim. Bersama koki lain seperti Chris Salans dan Will Meyrick, Nicolas kerap menggelar pertemuan dan menjalin kolaborasi. “Kita sering berkumpul untuk saling memberi informasi dan memikirkan strategi pasar,” ujarnya.

4. Chris Salans
Pria berdarah Prancis dan Amerika ini berjasa melambungkan pamor Bali dalam peta kuliner internasional. Mozaic, restorannya di Ubud, berhasil menembus daftar Les Grandes Tables du Monde, bersanding dengan gerai-gerai yang ditukangi Ferran Adrià dan Thomas Keller. Chris Salans mengasah kemampuan memasaknya di Cordon Bleu. Setelah itu, pria kelahiran 1970 ini bekerja di sejumlah restoran ternama, seperti Lucas Carton dan Bouchon.

Bermodal portofolio impresif, Chris hijrah ke Bali dan kini mengelola dua gerai: Mozaic Restaurant dan Mozaic Beach Club. Pendekatan fusion dan molekuler yang ditekuninya tak cuma bersumber dari pengalaman bekerja dengan koki-koki tersohor, tapi juga sekolah kedokteran. Sebelum menjadi koki, Chris empat tahun belajar memahami benda secara ilmiah. “Dengan memahami esensi bahan,” jelas Chris, “saya seperti pengacara andal yang mengerti cara ‘bermain’ untuk memanipulasi sistem.”

5. Will Meyrick
Sarong, Mama San, dan E&O dicirikan dengan ruangan elegan dan presentasi menu berkelas. Uniknya, koki yang memimpin ketiga restoran tersebut justru dijuluki “street food chef.” Will hobi mengeksplorasi kuliner autentik di banyak daerah di Indonesia.

Dia percaya, masakan warung mengandung banyak inspirasi, sebab diciptakan dari resep leluhur dan dijaga oleh rasa cinta pada tradisi lokal. Will pernah singgah di Sop Empal Bu Haryoko di Yogya, menikmati kue pancong di Bukittinggi, dan mencicipi kue khas Makassar di Mama Bakery. Karirnya dirintis di L’Oranger yang dikelola Gordon Ramsay dan Marcus Wareing. Sejak 1998, Will menemukan tambatan hatinya: masakan Asia. Menu favoritnya di Bali: bebek betutu dan lawar.

Berikut rekomendasi mereka untuk sarapan, brunch, makan siang, makan malam, dan late supper:

—SARAPAN
Rekomendasinya beragam, mulai dari jus segar hingga makanan berbobot semacam babi guling. Tapi pilihan Degan mungkin yang paling unik di kategori ini: gerai roti di Carrefour, tempat yang terbilang jarang dikunjungi turis di Bali.

Cafe Batujimbar
Alamat: Jl. Danau Tamblingan No.75A, Sanur; cafebatujimbar.com; Reservasi: 0361/287-374, info@cafebatujimbar.com; Operasional: 07:30-23:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Indonesia dan Barat; Rekomendasi oleh Chris Salans.

“Atmosfer tempat ini sangat istimewa. Café Batujimbar memiliki koleksi kue buatan dapur yang fresh. Pilihan kuenya beragam, ada yang sehat hingga seasonal. Kue dengan rasa unik bisa ditemukan di hidangan date slice, kue kurma yang lezat. Saban Minggu, restoran ini menggelar pasar yang menjajakan beragam makanan, mulai dari menu tradisional Indonesia hingga quesadilla.”

The Restaurant
Alamat: The Legian Bali, Jl. Kayu Aya, Seminyak; ghmhotels.com;  Reservasi 0361/730-622; fb@thelegianbali.com; Operasional: 07:00-23:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Internasional; Rekomendasi oleh Nicolas Tourneville
.
“Tempat yang tenang. Makanannya beragam dan kualitasnya prima. Memulai hari dengan sarapan di pinggir pantai akan memberikan energi spesial untuk menghadapi hari.”

Biku
Alamat: Jl. Raya Petitenget No. 888, Seminyak; bikubali.com; Reservasi: 0361/857-0888, info@bikubali.com; Operasional: 08:00-23:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau Menu Indonesia dan Barat; Rekomendasi: oleh Will Meyrick.

“Gaya klasik Bali dalam versi terbaiknya. Ruangannya luas dengan hiasan kipas angin yang sangat khas. Pilihan teh yang disajikannya pun beragam.”

Warung Nasi Ayam Bu Weti
Alamat: Jl. Segara Ayu, Sanur; Reservasi: 0813-3828-1866; Operasional: 08:00-11:00; Kartu kredit: Tidak diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Nasi campur Bali; Rekomendasi oleh: Henry Bloem.

“Di pagi hari saya selalu ingin menikmati bumbu dan rempah-rempah khas Indonesia. Dan di tempat ini saya bisa menemukan kenikmatan tersebut.”

Lawar Sapi Odah
Alamat Jl. Danau Buyan/Sindu, Sanur; Reservasi: Tidak tersedia; Operasional: 09:00-13:00; Kartu kredit: Tidak diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Lawar; Rekomendasi oleh: Henry Bloem.

“Seperti warung nasi ayam milik Bu Weti, tempat ini menyajikan hidangan dengan karakter bumbu yang kuat dan sangat baik.”

KU DE TA
Alamat: Jl. Kayu Aya 9, Seminyak; kudeta.net; Reservasi: 0361/736-969, reservation@kudetabali.net; Operasional 08:00 hingga larut malam; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Internasional modern; Rekomendasi oleh Will Meyrick.

“Tak ada yang mengalahkan sensasi sarapan di pinggir pantai sembari ditemani debur ombak.”

Salsa Verde
Alamat: Grand Hyatt Bali, Kawasan Wisata Nusa Dua BTDC, Nusa Dua; bali.grand.hyatt.com; Reservasi: 0361/771-234, bali.grand@hyatt.com; Operasional: 07:00-01:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Italia; Rekomendasi oleh Degan Septoadji.

“Lokasi adalah nilai jual tempat ini. Dekat pantai, panoramanya indah, suasananya nyaman, dan pohon-pohonnya rimbun. Salsa Verde menawarkan alfresco style dining. Interiornya ditata menarik.”

Babi Guling Pak Dobiel
Alamat: Jl. Srikandi No.9, Nusa Dua; Reservasi: 0361/771-633; Operasional: 10:00-22:00; Kartu kredit: Tidak diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Babi guling; Rekomendasi oleh Henry Bloem.

”Di sini babi guling disajikan dalam bentuk sate, lawar, atau sup. Tamu punya opsi menu yang beragam.”

Gourmet Cafe
Alamat: Jl. Petitenget No. 77A, Kerobokan; balicateringcompany.com; Reservasi: 0361/847-5115, gourmetcafe@balicateringcompany.com; Operasional: 07:00-22:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Prancis; Rekomendasi oleh Nicolas Tourneville.

“Pilihan menu sarapannya banyak. Rotinya disajikan segar setiap hari dan buburnya sangat enak.”

Bakery di Carrefour Sunset Road
Alamat: Carrefour, Jl. Sunset Road, Banjar Gelogor Carik, Denpasar; Reservasi: 0812-3811-100, 0361/847-7222; Operasional: 09:00-22:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Roti, kue; Rekomendasi oleh Degan Septoadji.

“Baker-nya orang Prancis. Tempat ini menawarkan roti terbaik di Bali. Ada banyak tipe roti yang disajikan di sini, mulai dari quiche, croissant, baguette, pie, danish, dan lain-lain. Variasinya luar biasa. Quiche saja ditawarkan dalam empat hingga lima varian. Beberapa dibuat dalam ukuran mini. Semuanya fresh. Rasanya sangat lezat. Banyak pemilik restoran dan vila belanja roti di sini. Saya dan istri biasa membelinya, lalu menikmati sarapan di mobil.”

Glow
Alamat: Como Shambhala Estate, Banjar Begawan, Desa Melinggih Kelod, Ubud; comohotels.com; Reservasi: 0361/978-888, info@cse.comoshambhala.bz; Operasional: 06:30-23:00; Kartu kredit: Diterima Kisaran harga: Premium; Menu: Makanan sehat; Rekomendasi oleh Chris Salans.

“Salah satu restoran dengan pemandangan terbaik. Menu sarapan di sini didesain sebagai makanan sehat, contohnya panekuk gandum dengan aneka buah dan kacang yang dikeringkan.”

La Luciolla
Alamat: Jl. Petitenget, Badung; Reservasi: 0361/ 730-838; Operasional: 08:00-00:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Mediterania; Rekomendasi oleh Chris Salans, Nicolas Tourneville.
Chris Salans: “Menyajikan menu sarapan yang beragam, dari continental hingga tradisional Indonesia. La Lucciola juga memiliki beragam kue dan roti yang segar. Hidangan eggs Benedict di sini wajib dicoba. Selain makanan, tempat ini memiliki pemandangan yang indah menghadap pesisir Petitenget.”

Nicolas Tourneville: “Setelah hampir 17 tahun beroperasi, La Lucciola berhasil menjaga keaslian—dari segi cita rasa maupun atmosfer—seperti saat pertama kali saya makan di sini. Pemandangannya juga sedap di mata.”

Petitenget
Alamat: Jl. Petitenget No. 40X, Seminyak; petitenget.net; Reservasi: 0361/473-3054, info@petitenget.net; Operasional: 07:00-24:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Italia, Barat, Indonesia; Rekomendasi oleh Degan Septoadji, Will Meyrick.

Degan Septoadji: “Tempat yang bagus, menawarkan American breakfast, jus, dan sereal. Dulu restoran ini tidak terlalu sukses. Di bawah pemilik baru, tempat ini berkembang.”
Will Meyrick: “Atmosfer restorannya sangat menyenangkan, apalagi di cuaca yang sangat panas. Tempat ini menyediakan jus tangerine yang sangat saya sukai.”

—BRUNCH
Starfish Bloo dan Boneka Restaurant menjadi dua tempat brunch yang paling banyak direkomendasikan para koki. Restoran pendatang baru, Soleil, dipuji Henry Bloem berkat menunya yang variatif dan harganya yang terjangkau.

Feyloon
Alamat: Jl. Raya Kuta No. 98, Kuta; feyloonrestaurant.com; Reservasi: 0361/766-308, feyloon@gmail.com; Operasional: 10:30-15:00 dan 17:30-22:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Cina, seafood; Rekomendasi oleh Will Meyrick.

“Tempat ini menyajikan dim sum terenak di Bali dan anak-anak menyukainya.”

Starfish Bloo
Alamat: W Retreat & Spa Seminyak, Jl. Petitenget, Seminyak; starwoodhotels.com; Reservasi: 0361/473-8106, b&f.wbali@whotels.com; Operasional: 12:00-15:00; 18:00-23:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Pan-Asian; Rekomendasi oleh Chris Salans, Will Meyrick, Nicolas Tourneville, Henry Bloem.

Chris Salans: “Tiap Minggu, restoran ini menyajikan Sunday Brunch Buffet yang bisa dinikmati sambil menatap laut. Tidak ada cara yang lebih baik untuk membuka hari!”
Will Meyrick: “Alasannya simpel. Menu yang disajikan tempat ini berkualitas jempolan.”
Nicolas Tourneville: “Tempat ini menyuguhkan Sunday Brunch Buffet yang menarik. Pilihan menunya beragam hingga bisa membuat Anda kebingungan. Sayangnya, Starfish Bloo seringkali terlalu ramai.”

Henry Bloem: “Tempatnya enak. Mereka punya makanan bergaya fine food yang menurut saya cukup baik.”

Boneka Restaurant
Alamat: St. Regis Bali, Kawasan BTDC, Nusa Dua Lot S6; stregisbali.com; Reservasi: 0361/300-6782, boneka.bali@stregis.com; Operasional: 07:00-11:00; 18:00-22:00; Kartu kredit: Diterima Kisaran harga: Premium; Menu: Internasional; Rekomendasi oleh Chris Salans, Nicolas Tourneville, Henry Bloem, Degan Septoadji.

Chris Salans: “Atmosfernya magis, servisnya bagus. Restoran ini punya buffet dan aneka menu a la carte. Minuman signature bloody Mary wajib dicicipi.”

Nicolas Tourneville: “Salah satu tempat terbaik di Pulau Dewata untuk menyantap brunch. Anda bisa menikmati koktail dan pilihan makanan yang beragam. Semua disajikan dengan kualitas prima.”

Henry Bloem: ”Menu signature mereka berupa poached egg dengan foie gras dan taburan telur salmon adalah alasan saya kembali ke tempat ini.”

Watercress
Alamat: Jl. Batu Belig No. 21A, Kerobokan; watercressbali.com; Reservasi: 0361/780-8030, cafewatercress@gmail.com; Operasional 07:00-18:00; Kartu kredit: Tidak terima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Indonesia dan Barat; Rekomendasi oleh Will Meyrick.

“Tempat ini menyediakan selada sehat setiap Senin hingga Jumat. Di hari Minggu, suguhannya a la carte brunch. Cukup menyenangkan bila Anda sedang berada di sekitar Canggu.”

Mozaic Beach Club
Alamat: Jl. Pantai Batu Belig, Kerobokan; mozaic-beachclub.com; Reservasi: 0361/473-5796, info@mozaic-beachclub.com; Operasional: 11:00-24:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Fusion Asia dan internasional; Rekomendasi oleh Chris Salans, Nicolas Tourneville.

Chris Salans: “Tempat untuk memulai hari bersama keluarga. Anak-anak bisa menghabiskan waktu di kolam renang, sedangkan orang tua bisa duduk di bangku gazebo sembari menikmati aneka koktail.”

Nicolas Tourneville: “Sajian tapas-nya memuaskan lidah dan tak boleh dilewatkan.”

Soleil
Alamat: The Mulia, Mulia Resort & Villas, Jl. Raya Nusa Dua Selatan; themulia.com; Reservasi: 0361/3027 777, soleil.reception@themulia.com; Operasional: 07:00-23:00; Kartu kredit: Diterima Kisaran harga: Premium; Menu: Mediterania dan Pan-Asian; Rekomendasi oleh Henry Bloem.

“Tempatnya baru, interiornya elegan. Buffet di sini menyajikan makanan yang beragam. Konsepnya mirip di Jakarta. Harga menunya cukup murah dan tamu punya pilihan makanan yang bervariasi.”

—MAKAN SIANG
Meski selalu dipenuhi pengunjung dan interiornya cukup gerah, Warung Ikan Bakar Mami dan Warung Mak Beng terus menjadi favorit untuk makan siang, termasuk di kalangan koki. Meski begitu, Chris Salans lebih menyukai tempat sejuk semacam Ayung Terrace.

Naughty Nuri’s Warung
Alamat: Jl. Batu Belig No. 41, Kerobokan; naughtynurisbali.com; Reservasi: 0361/847-6722, mail@naughtynurisbali.com; Operasional: 11:00-22:30; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Indonesia dan internasional; Rekomendasi oleh Nicolas Tourneville.

“Tempat ini menyajikan iga babi bakar terenak yang pernah saya makan, dan mungkin yang terenak di jagat raya. Jangan lupakan nasi gorengnya.”

Babi Guling Bu Oka
Alamat: Jl. Tegal Sari No.2, Ubud; Reservasi: 0361/976-435; Operasional: 10:00-17:00; Kartu kredit: Tidak diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Babi guling; Rekomendasi: oleh Henry Bloem, Chris

Salans.
Henry Bloem: ”Hanya di sini menu babi guling disajikan sederhana. Tanpa sate atau lawarnya. Bumbunya juga pas dan tidak terasa mentah.”
Chris Salans: “Babi Guling Ibu Oka menyuguhkan menu daging babi terbaik di Asia Tenggara!”

Mama San
Alamat: Jl. Raya Kerobokan No. 135, Seminyak; mamasanbali.com; Reservasi: 0361/730-436, reservations@mamasanbali.com; Operasional: 12:00-23:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu Asia: Rekomendasi oleh Will Meyrick.

“Ruangannya cukup sejuk di tengah Bali yang cukup panas. Menu makan siangnya berbeda dengan menu makan malam, sehingga Anda bisa menikmati lebih banyak variasi. Coba dalmakhani yang disajikan dengan porsi besar, sayuran berkari, yoghurt raita, dan lain-lain.”

Sundara
Alamat: Jimbaran, Kuta Selatan; sundarabali.com; Reservasi: 0361/708-333, sundara.bali@fourseasons.com; Operasional: 11:30-23:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Indonesia dan internasional; Rekomendasi oleh Degan Septoadji.

“Tempat baru milik Four Seasons ini menyuguhkan steik dan selada yang lezat. Menu dirancang simpel dan straightforward. Atmosfernya juga memikat. Sundara bahkan memiliki kolam renang yang sangat panjang, mungkin yang terpanjang untuk beach club. Kita bisa makan dan hangout di dekat kolam. Melihat kualitas makanannya, tempat ini value for money.”

Chez Gado Gado Restaurant & Lounge
Alamat Jl. Camplung Tanduk (Dhyana Pura) 99, Seminyak; gadogadorestaurant.com; Reservasi: 0361/736-966, info@gadogadorestaurant.com; Operasional: 11:00-23:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Pan-Mediterranean; Rekomendasi oleh Henry Bloem.

“Menu di sini tidak banyak, tapi tiap hari terus berganti. Koki Quip memiliki tangan dingin dan sangat kreatif dalam memasak. Makanannya juga tidak terlalu berat.”

Ayung Terrace
Alamat: Four Seasons Bali at Sayan, Jl. Raya Kedewatan, Ubud; fourseasons.com; Reservasi: 0361/977-577; Operasional: 06:30-15:00, 18:00-22:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Indonesia dan Barat; Rekomendasi oleh Chris Salans.

“Sulit mengalahkan pemandangan tempat ini. Ayung Terrace menghadap kawasan hutan hijau dan lahan persawahan. Restoran ini juga dilengkapi servis eksklusif khas penginapan bintang lima.”

Warung Mira
Alamat: Jl. Katrangan No. 24, Denpasar; Reservasi: 0361/231-953; Operasional: 10:00 – 19:00; Kartu kredit: Tidak diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu Khas: Buleleng; Rekomendasi oleh Will Meyrick.

“Jika Anda ingin bertualang, pergi dari daerah turis, Denpasar sebenarnya dipenuhi warung-warung yang menyajikan makanan enak. Warung Mira salah satunya. Warung ini menyediakan masakan Bali khas Singaraja, seperti bubur ketan hitam, rujak, serapah babi, dan sup kepala ikan.”

Warung Bambuku
Alamat: Jl. Sunset Road No.98; Reservasi: 0815-935-351-589 (Irma); Operasional: 10:00-17:00; Kartu kredit: Tidak diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Indonesia; Rekomendasi oleh Nicolas Tourneville.
“Nasi campur di sini mungkin salah satu yang terbaik di Bali. Pilihan lauknya banyak dan saya suka dengan kombinasi rasanya. Harganya pun cukup terjangkau.”

Chicken Run
Alamat: Jl. Sunset Road; Reservasi: 0361/737-133; Operasional: 10:00-23:00; Kartu kredit: Tidak diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Ayam panggang; Rekomendasi oleh Degan Septoadji.
“Lokasinya di dekat tikungan Bali Deli. Bentuknya mirip kios. Chicken Run menjual ayam panggang terbaik di Bali. Kita bisa memilih satu ekor utuh, setengah, atau seperempat. Harganya murah. Kita bisa menyantapnya dengan French fries, potato wedge, atau nasi, lalu ditambah sambal dan saus apel.”

La Lucciola
Alamat: Jl. Petitenget, Badung; Reservasi: 0361/730-838; Operasional: 08:00-24:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Mediterania; Rekomendasi oleh Nicolas Tourneville.
“Tempat ini memiliki menu all-day-breakfast yang selalu membuat saya datang lagi, lagi dan lagi.”

Warung Ikan Bakar Mami
Alamat: Jl. Uluwatu II/30X; Reservasi 0812-362-0051 (Pak Putu); Operasional 12:00-20:00; Kartu kredit: Tidak diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Ikan bakar; Rekomendasi oleh Degan Septoadji.

“Menu favorit di sini adalah ikan bakar. Harganya luar biasa murah. Saya pernah makan dengan empat teman hingga kekenyangan dan hanya menghabiskan Rp280 ribu. Kualitas makanannya layak dipuji. Lebih baik telepon dulu jika mau datang. Pemiliknya, Pak Putu, berbelanja di pasar ikan. Jika ikan tidak tersedia, warung tidak beroperasi. Dan jangan datang saat ada upacara adat, karena warung ini pasti tutup. Saya pernah merekomendasikan tempat ini kepada Bondan Winarno. Katanya, tiap kali ke Bali, dia pasti ke Warung Mami.”

Warung Mak Beng
Alamat: Jl. Hang Tuah No. 45, Sanur; Reservasi: 0361/282-633; Operasional 11:00-15:00; Kartu kredit: Tidak diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Sup ikan dan ikan goreng; Rekomendasi oleh Henry Bloem.
“Kapan pun saya ke sini, rasa makanannya selalu sama. Mak Beng punya koleksi ikan yang segar dan bumbu khas Bali dengan komposisi yang selalu pas setiap hari. Kalau ingin rasakan pedasnya masakan Bali , datanglah ke sini.”

Café Zucchini
Alamat Jl. Laksmana No. 49, Seminyak; Reservasi: 0812-4676-0747; Operasional: 07:00-21:30; Kartu kredit: Tidak diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Italia; Rekomendasi oleh Will Meyrick.

“Jika saya sedang ingin mengudap sesuatu yang segar dan menyehatkan, selada di tempat ini adalah jawaban yang sempurna.”

Warung Sulawesi
Alamat Jl. Petitenget 57B, Seminyak; Reservasi: 0361/746-3052;  Operasional: 08:00-19:00; Kartu kredit: Tidak diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Indonesia; Rekomendasi oleh Chris Salans.

“Lima belas tahun menetap di Indonesia dan menikah dengan wanita asli Jawa adalah alasan saya menyukai nasi campur. Warung Sulawesi menawarkan menu yang beragam. Kita tak cuma bisa menikmati makanan Sulawesi, tapi juga Jawa.”

Mozaic Beach Club
Alamat Jl. Pantai Batu Belig, Kerobokan; mozaic-beachclub.com; Reservasi: 0361/473-5796, info@mozaic-beachclub.com; Operasional: 11:00-24:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Fusion Asia dan internasional; Rekomendasi oleh Degan Septoadji.

“Tempat ideal untuk menikmati siang dan sore. Makanannya dikonsep serius, ringan, dan proper. Chris Salans sangat memahami semua yang dilakukannya.

—MAKAN MALAM
Khusus tempat makan malam, selain kuliner yang berkualitas prima, para koki mengutamakan suasana yang nyaman dan koleksi minuman yang lengkap. Bagi mereka, makan malam adalah momen yang ideal untuk bersosialisasi.

METIS
Alamat: Jl. Petitenget No. 6, Kerobokan; metisbali.com; Reservasi: 0361/473-7888, reservations@metisbali.com; Operasional: 11:00-01:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Prancis dan Mediterania; Rekomendasi oleh Will Meyrick.
“Tamu harus mencoba menu foie gras buatan Chef Doudou.”

Merah Putih
Alamat: Jl. Petitenget No.100X, Kerobokan; merahputihbali.com; Reservasi: 0361/846-5950, info@merahputihbali.com; Operasional: 12:00-15:30, 17:30-24:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu Indonesia; Rekomendasi oleh Nicolas Tourneville.
“Masakan Indonesianya enak sekali. Koki di sini layak mendapatkan pujian dari para pengunjung.”

Cocoon Beach Club
Alamat: Jl. Double Six, No.66, Blue Ocean Boulevard, Seminyak; cocoon-beach.com; Reservasi: 0361/731-266, reservations@cocoon-beach.com; Operasional: 09:00-01:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu Mediterania; Rekomendasi oleh Henry Bloem.
“Setiap saya ke sini, piza dengan taburan cream cheese dan daun kemangi selalu jadi favorit saya. Tempat ini juga nyaman, lokasinya di pinggir pantai. Malam minggu adalah waktu terbaik datang ke sini.”

Café Degan
Alamat: Jl. Petitenget No. 9, Kerobokan, Bali; Reservasi: 0361/744-8622, 0813-3726-5686, cafedegan@indosat.net.id, cafedegan.bali@gmail.com: Operasional: 12:00-23:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Indonesia, Thailand; Rekomendasi oleh Degan Septoadji.
“Rekomendasi saya adalah bebek goreng dan daging sambal hijau. Bebek di sini berbeda dari di tempat lain. Bebek di-marinated dengan daun jeruk selama dua hari, lalu dikukus dan digoreng. Hasilnya, crispy di luar dan lembut di dalam. Saya pakai bebek lokal dari Jawa, yang biasa dipakai untuk Peking duck. Rekomendasi lainnya, empal suwir, sate kambing, dan dessert.”

Mama San
Alamat: Jl. Raya Kerobokan No. 135, Seminyak; mamasanbali.com; Reservasi: 0361/730-436, reservations@mamasanbali.com; Operasional: 12:00-23:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Asia; Rekomendasi oleh Chris Salans, Henry Bloem.
Chris Salans: “Saya mencintai hasil interpretasi modern Will Meyrick atas kuliner Thailand dan menu-menu Asia eklektik lainnya.”
Henry Bloem: “Masakan Mama San yang berkiblat ke Asia, seperti Thailand dan Vietnam, bagi saya pas untuk orang Indonesia. Ada rasa pedas, asam, dan kecut. Pemilihan bahannya bagus dan presentasinya juga simpel, tidak kelewat wah. Semuanya fresh.”

Sarong
Alamat: Jl. Petitenget No, 19X, Kerobokan; sarongbali.com; Reservasi: 0361/473-7809, reservations@sarongbali.com; Operasional: 10:00-22:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Asia dan India; Rekomendasi oleh Nicolas Tourneville, Will Meyrick.
Nicolas Tourneville: “Tempat ini memiliki menu Asia terbaik di Bali.”
Will Meyrick: “Semua menunya adalah favorit saya. Tapi bila Anda ingin mencoba makanan India, pesan tandoori. Sarong juga memiliki menu daging yang dipanggang di atas arang batok kelapa dengan temperatur sedang untuk menciptakan cita rasa smoky yang kuat.”

Taco Casa
Alamat: Jl. Petitenget, Kerobokan; tacocasabali.com; Reservasi: 0361/916-1919; Operasional: 11:00-22:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Meksiko; Rekomendasi oleh Degan Septoadji.
“Restoran Meksiko ini dikonsep apik dan kasual oleh pemiliknya. Makanan di sini ditawarkan dengan harga relatif terjangkau dan semuanya dibuat dari bahan-bahan segar.”

Kepiting Crabby
Alamat: Pertokoan Tuban Plaza 8, Komp. Ruko Tuban Plaza Unit 3 A, Jl. Bypass Ngurah Rai, Tuban, Kuta; Reservasi: 0361/755-046; Operasional: 11:00-22:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Indonesia; Rekomendasi oleh Nicolas Tourneville.
“Lebih sering dikenal sebagai super crabby, menu kepiting di sini disajikan dengan bumbu-bumbu ala Indonesia. Sayang dilewatkan bagi Anda yang mencintai cita rasa pedas.”

Sardine
Alamat Jl. Petitenget 21, Kerobokan; sardinebali.com; Reservasi: 0361/8436-111, sardine@sardinebali.com; Operasional: 11:30-01:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Seafood dan organik; Rekomendasi oleh Chris Salans.
“Harga makanan di sini sangat terjangkau. Koki Michael meracik hidangan Asia dengan teknik Barat yang sempurna. Tiap hidangan punya cita rasa Asia yang autentik. Salah satu menu lezat di sini adalah kerang kukus yang dimasak dengan rempah-rempah khas Asia. Sangat segar dan ringan.”

Arena Pub & Restaurant
Alamat: Jl. Bypass Ngurah Rai No 115, Sanur dan Jl. Raya Kerobokan No 88, Kuta; arenabali.com; Reservasi: 0361/287-255 (Sanur), 0361/847-5092 (Kuta), info@arenabali.com; Operasional: 12:00-01:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Austria dan Jerman; Rekomendasi oleh Chris Salans.
“Semua menu yang disajikan hadir dalam porsi besar, seperti baby back ribs, chilli prawn soup, hingga Caesar salad. Cocok bagi keluarga. Konsep makanannya seputar comfort food—relatif standar, namun punya rasa yang lezat. Tempat ini juga tergolong ramah bagi mereka yang datang bersama anak-anak dengan adanya fasilitas seperti televisi dan meja biliar.”

Sip Wine Bar
Alamat: Jl.Raya Seminyak No.16A; sip-bali.com; Reservasi: 0361/730-810, drink@sip-bali.com; Operasional: 12:00-23:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Prancis, Mediterania; Rekomendasi oleh Will Meyrick, Degan Septoadji.
Will Meyrick: “Suasananya intim. Bagus untuk berkumpul dengan teman atau orang tersayang. Putri saya suka dengan escargot, sedangkan saya suka pâté. Makanannya cukup simpel tapi lezat.”
Degan Septoadji: “Karakternya French brasserie. Sip punya koleksi wine yang bagus. Harganya masuk akal. Pemiliknya, Christian Vanneque, pernah menjadi sommelier di Paris dan sempat bekerja di La Tour d’Argent. Banyak sommelier dan koki terkenal berasal dari sini. Vanneque juga memiliki wine termahal di dunia. Dia selalu ada di jam makan malam untuk menyapa tamu-tamunya. Sip menawarkan tempat yang cozy, membuat kita serasa sedang berada di Prancis. Makanannya juga sangat lezat, memiliki salah satu escargot terbaik di Bali.

—LATE SUPPER
Berkeliaran menjelang tengah malam untuk berburu makanan memang tak cocok bagi peserta program diet. Tapi para koki punya rekomendasi “ringan” yang membuat Anda tak akan merasa terlalu bersalah, seperti sup ikan dan mini wagyu.

Mama San
Alamat: Jl. Raya Kerobokan No. 135, Seminyak; mamasanbali.com; Reservasi: 0361/730-436, reservations@mamasanbali.com; Operasional: 12:00-15:00, 18:30-23:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Asia; Rekomendasi oleh Will Meyrick.
“Dapur Mama San buka hingga pukul 23. Cocok untuk supper yang bisa dilakukan di bar atas. Biasanya saya menghabiskan malam di sana.”

Warung Sederhana Padang
Alamat: Jl. Bypass Ngurah Rai; Reservasi: 0361/754-875; Operasional: 10:00-22:00; Kartu kredit: Tidak diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Padang; Rekomendasi oleh Chris Salans.
“Sederhana selalu menyajikan masakan yang segar. Menu selalu habis setiap hari, jadi menu keesokan harinya dijamin selalu segar dan dimasak hari itu juga. Sambal merah, hijau, dan petainya sangat nikmat.”

Warung Laota
Alamat: Jl. Raya Kuta No. 530, Tuban; Reservasi: 0361/742-9068, warung_laota@yahoo.com; Operasional 24 jam; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Bubur ayam Hong Kong dan seafood; Rekomendasi oleh Henry Bloem.
“Bubur kodok dan cakwenya juara. Tempat makan paling enak adalah area konter bar. Cakwe di sini disajikan segar, digoreng langsung di depan kita.”

Soto Ceker Kuta
Alamat: Jl. Pasar Kuta 3A: Reservasi: Tidak tersedia; Operasional: 23:00-03:00; Kartu kredit: Tidak diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Soto ceker; Rekomendasi oleh Henry Bloem.
“Tiap kali berkunjung ke warung kecil ini, saya selalu memesan dua porsi soto ceker. Kuahnya kuning dan punya cita rasa yang kuat.”

Soho Dinner
Alamat: Jl. Laksmana Oberoi No. 12XX; Reservasi: 0361/737-280; Operasional: 24 jam; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Internasional; Rekomendasi oleh Nicolas Tourneville.
“Burgernya enak. Rasa supnya tak hambar meski disajikan pada dini hari.”

KU DE TA
Alamat: Jl. Kayu Aya 9, Seminyak; kudeta.net; Reservasi 0361/736-969, reservation@kudetabali.net; Operasional 08:00-24:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Internasional; Rekomendasi oleh Chris Salans.
“Memiliki tamu-tamu terbaik, serta menawarkan suasana yang meriah tiap harinya. Wajib mencicipi aneka minuman racikannya, terutama apple mojito dan virgin cocktail.”
Furama Chinese & Live Seafood Restaurant
Alamat: Jl. Raya Tuban 52B. Tuban; Reservasi: 0361/761-196; Operasional: 10:00-03:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Terjangkau; Menu: Cina dan seafood; Rekomendasi oleh Henry Bloem.
“Sup bibir ikan, udang telur asin, dan crispy pork belly-nya selalu bisa memuaskan rasa lapar di malam hari.”

Mozaic Beach Club
Alamat: Jl. Pantai Batu Belig, Kerobokan; mozaicbeachclub.com; Reservasi: 0361/473-5796, info@mozaic-beachclub.com; Operasional: 11:00-24:00; Kartu kredit: Diterima; Kisaran harga: Premium; Menu: Fusion Asia dan internasional; Rekomendasi oleh Chris Salans.

“Crispy Japanese chicken salad, torch ginger salad, mini wagyu, Spanish chorizo, dan pata negra. Mozaic Beach Club menawarkan banyak pilihan makanan yang lezat. Hidangan pencuci mulutnya tak kalah nikmat. Ada churro dengan nutella, serta cokelat kacang dalam bentuk batangan, hasil racikan dapur sendiri.”

Sumber teks: http://www.destinasian.co.id

1 comment:

  1. Saya mau kasih info.. Jika ada yang butuh Dus Makanan bisa hubungi saya ya :)

    ReplyDelete