10 June 2010

Belajar Menulis Bersama Sloka


Kelas Menulis Jurnalisme Warga kembali diadakan oleh Sloka Insitute. Kegiatan ini akan berlangsung  dua hari, mulai dari hari sabtu  (5/6) sampai hari minggu (6/6). Bertempat langsung di Sloka Institute Jalan Noja Ayung No.3 Gatsu Timur Denpasar-Bali.

Kelas di mulai dari  pukul 9.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Pesertanya sebelas orang dari berbagi latar belakang dan pengalaman. Ada pelajar, ibu rumah tangga, serta pegawai swasta.
Dalam sebuah ruangan yang berukuran 4 x 7 meter persegi, dengan gaya santai ala lesehan kedai, memberi suasana nyaman dan santai. Panitia menyediakan kue. roti serta air mineral. Peserta terlihat antusias. Terbukti, saat penyampaian materi teori oleh moderator sekaligus penyelenggara Anton Muhajir, Jurnalis Lepas. Peserta diam mendengarkan  pembicaraan yang disampaikannya.

Saat siang beranjak acara dilanjutkan dengan penyampaian dasar-dasar Jurnalistik sekaligus teori tentang Jurnalisme. Pemateri M. Ridwan, wartawan Radar Bali, memberi banyak kontribusi tentang pengetahuan dan wawasan baru dalam dunia jurnalistik.

Singkatnya waktu membuat materi yang disampaikan dibuat agak cepat dan singkat. Peserta menyimak dengan seksama  apa yang disampaikan  M. Ridwan. Saat diskusi, berbagai pertanyaan pun muncul dari peserta.

Usai mendengarkan penyampaian teori dari M. Ridwan acara kembali dilanjutkan dengan sesi istirahat. Namun, tidak banyak yang memanfaatkan waktu istirahat ini. Karena itu, fasilitator melanjutkan ke sesi menulis. Peserta diharapkan membuat tulisan tentang profil teman atau kegiatan yang berlangsung.

Selanjutnya aktivitas kembali hening. Hanya terdengar ketikan-ketikan laptop saling bersahutan dan sesekali helaan nafas panjang menandakan keseriusan  cikal bakal para penulis baru. ( *eja )

* Teks ini  hasil proses belajar bersama Sloka Institute, dan sudah di muat di www.balebengong.net

1 comment:

  1. Lanjutkan... Senang rasanya melihat ada hal positif yang bisa diambil...

    ReplyDelete